4 Cara Mudah untuk Mencegah Munculnya Perilaku Makan Berlebih

banner 160x600

Women face

LIFE STYLE (PENYALAINEWS.COM) - Kebiasaan kita untuk makan berlebihan telah menyebabkan munculnya berbagai gejala penyakit serta risiko obesitas. Terkadang masalah makan berlebih ini dapat muncul pada diri kita tanpa disadari.Dengan beberapa cara tertentu, makan berlebih ini bisa kamu hindari dari kehidupanmu. Dilansir dari Medical Daily, berikut empat cara agar kamu terhindar dari perilaku makan berlebihan.

1. Menurunkan Kecepatan Makan

otak membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk mengetahui bahwa kamu kenyang. Hal ini yang menyebabkan mengapa kebiasaanmu yang makan dengan cepat itu membuat tanpa sadar kamu makan berlebihan.

"Tergesa-gesa menghabiskan semua makanan dapat menyebabkan kamu kelewatan tanda ini. Ketika kamu menurunkan kecepatan makan, otakmu memiliki waktu yang cukup untuk menerima tanda ini dan kemudian berhenti usai menyadari bahwa makanmu telah cukup," jelas Dr Amanda Foti, pakar diet dari Selvera Weight Management Program.

2. Jangan Melewatkan Sarapan

 Walaupun diet dengan cara puasa merupakan salah satu hal yang tengah populer, namun ada efek samping yang mungkin muncul. Hal ini biasanya seseorang lepas kendali ketika makan.

Salah satu waktu makan yang sering dilewatkan untuk diet adalah sarapan. Ketika siang hari tiba dan waktunya makan, kamu kemudian melakukan balas dendam sehingga makan dalam porsi yang lebih besar dibanding biasanya.

3. Mengatur Porsi Makanan

 Kecenderungan untuk menghabiskan makanan yang tersaji di atas piring merupakan suatu hal yang biasa dilakukan banyak orang. Hal ini dapat mendorong ke perilaku makan berlebih terutama ketika makan bersamaan sambil menonton tv atau melakukan kegiatan lainnya.

Untuk mengatasi terjadinya hal ini, ambil makanan dalam porsi sedikit-sedikit untuk membatasi jumlah makanan. Selain untuk mencegah makan berlebihan, hal ini juga bisa mencegah adanya makanan yang terbuang sia-sia.

4. Minum Cukup Air

Seringkali rasa lapar yang muncul di perut bukan karena kosongnya perut tersebut. Dr. John Higgins dari University of Texas menyebut bahwa rasa lapar ini mungkin juga muncul karena kurangnya air dalam tubuh kamu.

Ketika tubuh kekurangan air, organ seperti hati tidak berfungsi secara efektif, hal ini kemudian mempengaruhi energi yang dimiliki. Sebagai hasilnya tubuh akan terasa lapar padahal sebenarnya kamu kekurangan air.

Empat hal ini merupakan cara mudah yang bisa kamu terapkan agar tidak makan secara berlebihan. Dengan menerapkan cara ini maka porsi makanmu tetap dapat terjaga dan lingkar perutmu tetap terukur.