Angkat Potensi Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata akan kembangkan Pantai Parit Raja

Penyalainews, Pelalawan - Kelompok Sadar Wisata akan bekerja keras untuk mengembangkan Objek Wisata Pantai Parit Raja didesa Tanjung Sum kecamatan Kuala Kampar kabupaten Pelalawan provinsi Riau.

Setelah sukses menggelar Event Kerakyatan Jong Katel, Permainan Rakyat, dan Sampan Layar. Kelompok Sadar Wisata Pantai Parit Raja ingin terus mengembangkan pantai ini menjadi wisata yang terkelola dengan baik.

Rian Hidayat merupakan Ketua Kelompok Sadar Wisata kepada penyalainews.com menjelaskan, kami pemuda-pemuda khususnya desa Tanjung Sum mengangkat spot-spot wisata dikabupaten Pelalawan khususnya di Kuala Kampar.

"Kita akan terus berinovasi dan bekreasi untuk menarik turis luar negeri dan dalam negeri agar bisa datang ke pantai Parit Raja ini, hal ini agar objek wisata kita ini bisa tersiar dinasional dan mancanegara," jelas Rian, Rabu (04/03).

Beberapa waktu lalu, kata Rian Pantai Parit Raja pernah menjadi tempat pertandingan Jong Katel dan Sampan Layar yang ditaja Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata kabupaten Pelalawan.

"Pantai kita ini sukses menggelar event pertandingan Jong Katel dan Sampan Layar. Peserta didominasi dari luar daerah, seperti dari Kepulauan Riau, Batam, Karimun, Bengkalis dan Kepulauan Meranti. Ini membuktikan SDM kita mampu mengelola  local tousrisme serta perlu diperhatikan oleh pemerintah," katanya.

Ingin Rian, selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata pihaknya berharap event Jong Katel dan Sampan Layar terus di laksanakan disini, mengapa demikian lewat acara seperti itu secara tidak langsung bisa mempromosikan potensi wisata ini.

"Kita dapat kabar kalau event Jong Katel pelaksanaannya akan dipindahkan dikelurahan Teluk Dalam, kami dari Kelompok Sadar Wisata meminta pihak penyelenggara Jong Katel agar mempertimbangkannya, tujuan kita ingin mempertahankan agar Jong Katel tetap dilaksanakan di Pantai Parit Raja ini adalah ingin mengangkat objek wisata ini lewat event-event seperti permainan rakyat tersebut, apalagi pesertanya banyak dari luar," Imbuh Rian.

Terang Rian lagi, mudah-mudahan saja pertandingan Jong Katel tetap dilaksanakan di Pantai Parit Raja,  Rian juga meminta Disbudpar Pelalawan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Kelompok Sadar Wisata Pantai Parit Raja ini.

"Kita minta Dispbudpar kabupaten Pelalawan menerbitkan SK Kelompok Sadar Wisata ini agar ada dasar hukumnya seperti Perda tentang  objek Wisata. Nantinya donatur, sponsor, dan sukarelawan.  Yakin terhadap Kelompok Sadar Wisata ini, intinya kita pemuda-pemudi siap bekerja dengan maksimal untuk memajukan Pantai Parit Raja ini," tutup Rian.***red/rfm

Laporan : Yoyon Rijunata
Editor : Rezky FM

 

 

 

Comment