Bangun Eksis Dalam Berkesenian Melalui Program Ethnic DNA

No comment 353 views
banner 160x600

Women face

PENYALAINEWS.COM, SIDOARJO - Beragamnya Indonesia dengan sukunya, bahasa, kebudayaan dan kultur anak mudanya seakan tak habis untuk di eksplorasi.

Maka di pameran seni urban yang bertajuk ETHNIC DNA ini ingin mengeksplorasi tentang apa saja mengenai kultur anak muda melalui bahasa imaji-imaji seninya dalam menangkap sebuah keragaman. Sebanyak 14 seniman muda dengan latar belakang menuangkan bahasa imajinya masing-masing dikemas dalam sebuah karya seni visual bermedia circle board:

1.Fahril Alvin Bahri

2.Habib Rahman

3.Anas Khoir

4.Doninod Indriasto

5.Matt Rossi

6.Rexsa

7.Cristian Adi Wicaksono

8.Supriyanto

9.Miftahul Huda

10.Iggo Feryawan

11.Pingki Ayako Saputro

12.recky canvas riyadi

13.faizal hardik

14.XGO

Acara pameran ETHNIC DNA ini sendiri digagas oleh Yayasan Artpreneur. Rek!

Dimana acara ini di laksanakan road show di 3 kota di Jatim.

- Surabaya di sabin cafe dan Latar Ombo Riverside

- Gresik di Beras Kopi

- Sidoarjo di Gubug Makan Latar Ombo

Dalam setiap perjalanan di kotanya, acara pameran ini selalu diramaikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ada menggambar bareng, workshop batik, workshop cukil, mural bersama, cangkruk produktif, stand booth, sarasehan serta tak lupa juga support dari teman-teman musik seperti teras warna percusi dan mata rante dalam setiap opening pameran.

Dan alhamdulillah, dalam setiap perjalanan di tiap kotanya selalu sukses dan ramai pengunjung. Terutama adik-adik mahasiswa yang masih aktif, penikmat seni, kolektor seni dan rekan-rekan muda yang masih eksis dalam berkesenian.

Untuk acara road show yang terakhir yang dilaksanakan di gubug makan latar ombo sekaligus menjadi akhir dari road show ETHNIC DNA di tahun 2018, sekaligus dalam acara terakhir perjalanan road show juga sekalian dibarengi dengan kegiatan silaturahmi lintas angkatan Alumni SR/DG Unesa dan Pembentukan Pengurus Ikatan Alumni (IKA) SR/DG Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Hadir pula dalam acara road show terakhir ETHNIC DNA sekaligus  pembentukan IKA SR/DG Unesa :

1.Bpk Imam Zaini Kajur SR/DG Unesa 

2.Bpk Bambang & Bpk Andik Mariono Selaku perwakilan Dari pengurus IKA UNESA Pusat ).

3.Seniman dan beberapa perupa senior

Dimana pada ETHNIC DNA ini hampir 90% tidak lain dulunya adalah mahasiswa atau para alumni SR/DG unesa.

Harapannya dengan terbentuknya Ikatan Alumni SR/DG unesa ini, kedepan selain bisa menjadi ruang untuk bersilaturahmi juga sebagai wadah untuk bisa memberikan ruang baru bagi perkembangan berkesenian terutama seni rupa dan desain di indonesia.

Itulah sekilas dari perjalan road show ETHNIC DNA di 3 kota di Jawa Timur.

Selamat dan sukses selalu untuk pameran ETHNIC-DNA yang sudah berjalan di 3 kota. Semoga di tahun 2019 lebih sukses, semoga dengan pameran ini kita masih sadar bahwa Beragamnya warna kulit, bahasa dan budaya kita darah kita masih sama merahnya. 

Dan dengan terbentuknya IKA SR/DG Unesa memberikan nilai dan nuansa baru dalam pergerakan dunia seni dan desain di Indonesia. Amin...

Dan sedang dalam masa menyiapkan, insyallah hasil dari road show ETHNIC DNA ini akan kami ikutkan dalam event besar program kami di Yayasan Artpreneur rek!! yaitu kita akan buat ‘Artpreneur Rek!! Week’.

Yang mudah-mudahan kalo tidak ada halangan agendanya akan di laksanakan pada bulan februari di tahun 2019. Kami tunggu partisipasi semua pihak.

Salam Seni Dan Budaya ????

Oleh : Habib Rahman (Pengurus Yayasan Artpreneur)