Bantah Yorrys, Demul Klaim 400 Pimpinan DPD Dukung Airlangga Pimpin Golkar

Penyalainews, Jakarta - Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mengklaim 400 unsur pimpinan DPD di sejumlah daerah di Indonesia menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024.

Pernyataan itu untuk menepis klaim politikus Partai Golkar Yorrys Raweyai untuk Bambang Soesatyo yang menyebut dapat dukungan 400 kader dari berbagai unsur untuk menduduki jabatan tertinggi partai berlambang pohon beringin tersebut.

Dedi Mulyadi menyebut para pemegang suara Musyawarah Nasional Partai Golkar yang mendukung terdiri dari pengurus di tingkat DPD kabupaten/kota, DPD I dan organisasi masyarakat.

"Dukungan (untuk Airlangga) itu tersebar di sejumlah daerah, yakni diawali dari Jawa Barat, kemudian Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan selanjutnya Kalimantan Selatan," katanya saat dihubungi, Minggu (7/7).

Sebelumnya, ia mengakui bahwa pengurus partai di Kalimantan Selatan sempat mendukung calon lain. Hanya saja, keputusan itu dicabut dan sepakat mendukung petahana. Selanjutnya, ia terus menggalang dukungan untuk Airlangga Hartarto untuk daerah Jawa Timur.

"Sempat ada pernyataan dukungan kepada selain Pak Airlangga, tetapi sekarang sudah dicabut dan mengalihkan untuk Pak Airlangga," terangnya

Disinggung mengenai penyelenggaraan Musyawarah Nasional Golkar, pria yang akrab disapa Demul ini menyatakan akan dilakukan pada Desember 2019 nanti. Informasi itu didapatkan dari rekannya, Meutya Hafid. Perhelatan itu bukan karena banyak desakan dari internal partai untuk mempercepat Munas.

Sebelumnya diberitakan, politikus Partai Golkar Yorrys Raweyai mendukung Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar sekaligus Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) maju dalam bursa calon Ketua Umum Partai Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) 2019. Dia mengklaim saat ini Bamsoet telah mendapat 400 dukungan dari kader partai.

"Mendapat dukungan lebih dari 400 dukungan. Golkar di dalam Munas berbicara suara, tingkat II 514, DPD I 34, DPP I, ormas pendukung 10, Dewan Pembina I. Ini jumlah suara sah di dalam Munas sesuai dengan AD dan ART," kata Yorrys di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (7/7).

Ia menambahkan, DPD Sulawesi Selatan (Sulsel) juga akan mendeklarasikan dukung Bamsoet maju dalam pencalonan ketua umum. "Sudah ada berita Sulsel sudah mendeklarasikan. Kami juga dapat berita selesai deklarasi di sana mereka akan terbang ke Jakarta," ujarnya.

"Kalau kepengurusan atau rezim itu dipertahankan dua periode, maka dia akan membawa gerbong itu kepada periode yang berikut. Sementara tantangan-tantang perubahan ke depan ini harus dipikirkan. Sehingga harus ada regenerasi yang mampu membawa golkar sesuai dengan tantangan zaman," ucapnya.***red/rfm

Sumber : Merdeka.com

Comment