Hukum

Bertambah ! Total 18 Orang Terseret Kasus Korupsi Tugu Antikorupsi

banner 160x600

Women face

Penyalainews, Pekanbaru - Kejati Riau menyerahkan tahap II kasus korupsi ruang terbuka hijau (RTH) pembangunan tugu antikorupsi. Usai penyerahan barang bukti dan tersangka, Kejari Pekanbaru melakukan penahanan. Total 18 orang jadi tersangka, 6 sudah divonis bersalah.

"Hari ini tiga orang tersangka dan barang buktinya diserahkan ke kita. Dari penyerahan langsung kita lakukan penahanan terhadap 3 tersangka," kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pekanbaru, Sri Odit Megonondo, Kamis (1/11/2018).

Dilansir dari Detik.com Odit menjelaskan, ketiga tersangka ini seluruhnya status PNS di Dinas PU Riau. Mereka adalah, Ichawan Sunardi, Harianto dan Yusrizal.

Posisi jabatan dalam proyek pembangunan RTH itu, Yusrizal selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Harianto menjabat Sekretaris Pokja, sedangkan Ichwan Sunardi sebagai Ketua Pokja.

"Untuk tersangka Ichwan Sunardi juga terlibat dalam kasus korupsi lainnya di pembangunan proyek drainase," kata Odit.

Sebagaimana diketahui, kasus korupsi RTH ini awalnya ditangani Kejati Riau. Proyek pembangunan RTH menelan dana sekitar Rp 8 miliar. Dalam perjalanannya, dana pembangunan proyek dikorupsi berjamaah. Dari Kepala Dinas PU hingga staf dan pihak swasta.

Dalam kasus ini ada 18 tersangka baik dari PNS dan pihak rekanan. Dalam kasus ini sudah ada 6 orang divonis, seperti eks Kepala Dinas PU, Riau, Dwi Agus Sumarno telah divonis 1 tahun 5 bulan. Selanjutnya ada 5 dari pihak rekanan. Vonis tertinggi kepada rekanan Juliana dengan vonis 3 tahun penjara.***red/rfm

Sumber : Detik.com