Bila Diizinkan Negara, Mada LMP Riau Siap Berangkat Ke Papua

Penyalainews, Pekanbaru - Daerah bagian terluar Indonesia Papua hingga saat ini masih belum kondusif. Diberitakan oleh beberapa media mainstream dan beberapa media televisi belakangan ini menunjukkan situasi daerah yang kaya akan sumber daya alamnya itu masih memanas.

Korban dari pihak TNI maupun Polri dikabarkan banyak terluka dan cedera dalam peristiwa di Manokwari beberapa pekan lalu.

Markas Daerah Laskar Merah Putih provinsi Riau (Mada LMP Riau) dibawah kepemimpinan Edi Bengawan merespon situasi tersebut. Ketika ditemui oleh awak media pada Sabtu sore (31/8) mengatakan siap membantu aparat TNI-Polri bila diizinkan Negara dalam koridor bela negara menjaga keutuhan NKRI.

Hal tersebut dituturkan Edi Bengawan di Markas Daerah LMP Riau. Menurut Edi bahwa UUD 1945 mewajibkan setiap warga negara ikut serta dalam membela negara.

" UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1 menyatakan Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara, dasar tersebut yang menjadi pedoman kami di LMP," Jelasnya kepada awak media.

Dilanjutkan Edi, Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 1999 Pasal 68 disebutkan bahwa Setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

“Pada saat ini ada tantangan disintegrasi bangsa dan negara, bahwa di bumi Indonesia hanya boleh bendera Merah Putih berkibar dari Sabang sampai Merauke. Kita mendukung upaya yang dilakukan TNI-Polri dalam menjaga keutuhan NKRI, bahwa saudara-saudara di Papua adalah saudara sebangsa dan setanah air” sambung Edi menegaskan.

Disinggung kesiapannya bila diminta mengirimkan anggota Mada LMP Riau ke Papua, Edi dengan tegas menyatakan siap jika Negara yang memintanya.

“ Kita siap bila diminta Negara mengirimkan anggota kita ke Papua. Kita akan bantu TNI-Polri. LMP Riau adalah ormas bela negara. Sejumlah anggota kita bersedia bila diperintahkan ke Papua untuk menjaga keutuhan NKRI bagi saudara-saudara kita di sana”. Jelas Edi.***red/rls

Comment