Hasil Diskusi LMND Kampar Tentang Situasi Dearah, Nasional, Internasional

banner 160x600

Women face

1540523127-Penyalai News-IMG-20181026-WA0003

Kampar-(Penyalainews.com)--situasi Internasional perlu di diketahui agar kita dapat menganalisis situasi nasional dan daerah.

Isu ini menjadi pokok pembahasan dalam diskusi yang bertema: Situasi Internasaional, Nasional dan Daerah yang diselenggarakan oleh LMND ( Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi) kab. Kampar, Sabtu (25/10) di Depan skretariat mereka Jalan Ayani Bangkinang.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai kampus yang semuanya adalah pengurus LMND kampar.

Menurut Anwar pada penyampain materi, bahwa ruang ruang diskusi ilmiah perlu digalakkan mahasiswa Kampar agar terciptanya peradaban kampar yang berkemajuan.

Adapun Kesimpulan diskusi tanggal 25 oktober 2019 atas situasi Internasional, Nasional dan Daerah adalah sebagai berikut:

1. Internasional

-Bahwa ekonomi dunia sampai hari ini masih dikuasai oleh Amerika dan China.

-Pertarungan kedua kutup berlomba lomba menyisir pasar karena over produksi sampai berebut jalur perdagangan dan SDA di negara negara berkembang.

-Bahwa hari ini kapitalisme sedang menderita krisis, yaitu krisis finansial, krisis energy, krisis solusi dan krisis ini yang menyebabkan penghisapan/penjajahan ekonomi ke negera berkembang semakin menjadi jadi, sehinga kemiskinan di negara berkembang semakin akut.

- pergeseran tatanan dunia mengarah pada kekuatan multipolar ( perusahaan induk yang memiliki anak perusahaan yang menguasai pasar dunia)

 

2. Situasi nasional

Yang pertama di bidang ekonomi:

- Akibat krisis di negara negra kapitalisme maka berimbas kuat ke ekonomi nasional yang selama ini dikuasai kapitalisme, ekonomi negara makin kendor ditandai dengan tidak terkendalinya dolar.

-penjajahan ekonomi yang dilakukan imprealis sebagai tingkatan tertinggi dari kapitalisme menyebabkan ketimpangan yang luar biasa, 49% kekayaan Indonesia dikuasai oleh 1% orang.

 

-proyek Infrastruktur Jokowi tidak di topang dengan membangun industry nasional, sehingga tidak berpengaruh kuat dalam penguatan ekonomi negara.

- terjadinya defisit neraca perdagangan nasional yang disebabkan oleh:
* menurunya kerja ekspor Indonesia dan bergantung pada komoditi ekspor.

* ketergantungan industry nasional terhadap bahan baku impor.

*kegagalan politik energi pemerintah dalam menyediakan energi nasional.

- Dipertanian kebijakan impor pangan membuat petani nasional tersungkur.

-haluan ekonomi Jokowi - Jk masih berhaluan ekonomi liberal kalpitalis yang gagal mensejahtrakan rakyat indonesia.

-ekonomi kapitalistik tidak cocok untuk negara berkembang, negara harus kembali ke konstitusi melaksanakan ekonomi pancasila sesuai pasal 33 UUD 45.

 

SITUASI NASIONAL DI BIDANG POLITIK


-pasangan calon presiden 2019 tidak mengedepankan politik gagasan dan sangat beraroma konservatisme

-minimnya tawaran solusi dari pasangan calon atas situasi ekonomi, politik, pendidikan dan kesehatan Indonesia.

 

SITUASI NASIONAL BIDANG PENDIDIKAN

- sistem pendidikan Indonesia liberal dan jauh dari nilai nalai pancasila yang seyogyanya pendidikan itu di kuasai negra bukan pasar agar rakyat miskin dapat mengakses pendidikan hingga keperguruan tinggi. Komersialisasi pendidikan menjadi tantangan nasional.

- Kredit pendidikan yang di terapkan Jokowi - jk tidak mampu menjawab rendahnya tingkat APK.

- alokasi anggaran pendidikan nasional tidak di konsentrasikan ke pembangunan infrastruktur pendidikan, dan peningkatan pengetahuan melaui riset riset untuk penemuan terbarukan.

 

3. Situasi Daerah


-Situasi derah tidak melenceng jauh karna daerah merupkan bagian dari Indonesia yang otomatis penyakit kemsikinan dan lain lain akan berimbas ke daerah.

Pernyataan sikap LMND Kampar

1.Tolak sistem ekonomi liberal kapitalistik
2. Tolak liberalisasi pendidikan
3. Wujudkan pendidikan gratis, ilmiah dan demokratis.
4.#2019 ganti haluan ekonomi.