Ketua DPRD Dorong Dinas PUPR Pekanbaru Optimalkan Penanganan Banjir

PEKANBARU (Penyalainews.com) - Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mendorong agar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru bisa mengoptimalkan penanganan banjir. Sebab sebagaimana diketahui, saat ini banjir masih menyebar di sejumlah titik.

"Kita minta Dinas harus optimalkan penanganan banjir, jumlah titik banjir seharusnya bisa berkurang," kata Hamdani, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, satu persatu masalah banjir harus tuntas. Ia mengingatkan agar dinas bisa fokus dalam menyelesaikan permasalahan banjir. Terlebih lagi pemerintah kota sedang menyusun master plan penanganan banjir.

Hamdani menyebut upaya ini harus jadi solusi dalam menangani permasalahan banjir yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

"Permasalahan banjir harus bisa segera diselesaikan, fokus saja pada solusinya," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menargetkan master plan penanganan banjir tuntas pada awal Desember 2020 ini. Adanya master plan bisa mengoptimalkan perbaikan drainase dan anak sungai.

Proses lelang masterplan penanggulangan banjir masih berjalan. Mereka saat ini dalam tahap penawaran harga.

Tahapan lanjutan penyusunan master plan yakni tim ahli akan bekerja. Mereka menyiapkan master plan untuk masalah banjir agar penaganannya bisa optimal.

Nilai anggaran master plan ini mencapai Rp 1,6 miliar. Anggaran penyusunan master plan digelontorkan lewat APBD Kota Pekanbaru.

Master plan ini meliputi seluruh potensi banjir di Kota Pekanbaru. Mereka sudah menginvetarisir 39 titik banjir yang ada. (ADV)

Comment