Mahasiswa Kriminologi UIR persentasekan Kesetaraan Gender antara Laki-laki dan Perempuan

Penyalainews, Pekanbaru - Keberadaan laki-laki dan perempuan merupakan dua entitas yang sering dibedakan dalam kondisi jenis kelamin (Seks) dan peran yang harus dilakukan (Gender).

Hal ini dijelaskan Rizki Nugraha bersama kelompok studinya, kesamaan Gender sering di maknai sebagai ciri khas yang sama bagi laki-laki atau seorang perempuan.

"Pembagian peran (Gender) merupakan pembagian kedudukan atau tugas antara laki-laki dan perempuan yang ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat yang dianggap pantas sesuai norma-norma , adat-istiadat, kepercayaan, dan kebiasaan masyarakat," ungkap Rizki Nugraha yang merupakan Mahasiswa Semester 7 Jurusan Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Riau, Rabu(08/01).

Rizki juga mengatakan Kesetaraan Gender bertujuan untuk mengubah hubungan kekuasaan yang tidak setara antara laki-laki dan perempuan yang menghambat secara struktural dan budaya.

"Dari kesimpulan diatas dapat diambil bahwa gender adalah seperangkat sikap, peran dan tanggung jawab, fungsi, hak dan perilaku yang melekat pada diri laki-laki dan perempuan akibat bentukan budaya atau lingkungan masyarakat tempat manusia itu tumbuh dan dibesarkan," Tutup Mahasiswa yang sering disapa Ega.***red/rfm

Editor : Rezky FM

Comment