Meski ditunda, LMP Sebut Aksi Dugaan Perusakan Alam ke PT. RAPP Akan Tetap Dilaksanakan

Penyalainews, Pelalawan - Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi Riau (Mada LMP Riau) berencana melakukan aksi demo PT RAPP akan didemo pada Kamis, 17 Juni 2021, depan gerbang Pos I Jalan Lintas Timur Pangkalan Kerinci Pelalawan-Riau.

Perusahaan bubur kertas milik dari turunan Sukanto Tanoto yaitu  Anderson Tanoto yang beroperasi di Provinsi Riau diduga telah melakukan pencemaran lingkungan hidup, kerusakan ekosistem,  dan ekologi di wilayah operasinya di Riau.

“Aksi demo ini merupakan bentuk penegasan meminta atas komitmen serta tangggungjawab terhadap alam dari RAPP kepada masyarakat Riau,” ungkap Wakil Ketua Antar Lembaga Pemerintah dan TNI-Polri Abdullah Sani, kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Abdulah  Sani menambahkan pemilik RAPP mesti kita dorong menjaga lingkungan hidup dan mampu berkomitmen terhadap ekologi alam di Provinsi Riau.

”Pemilik RAPP atau group APRIL seperti Sukanto Tanoto dan Anderson Tanoto mesti kita dorong berkomitmen menjaga lingkungan hidup, kita dorong bertanggungjawab kepada masyarakat Riau, makanya Mada LMP Riau melakukan aksi demo agar dunia internasional tahu tentang hal itu,” tambahnya.

Sebelumnya, surat permohonan rencana aksi damai (Demo) ke Kapolda Riau Cq Direktur Intelkam Polda Riau, terkait aksi damai terhadap dugaan pencemaran dan perusakan lingkungan hidup yang dilakukan RAPP yang direncanakan pada Kamis 17 Juni 2021 mendatang di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Riau belum mendapat penerbitan surat tanda terima pemberitahuan (STTP).

“Surat permohonan rencana aksi damai ke PT RAPP, yang bernomor 61/MD-Riau/LMP/VI/2021 kepada Kapolda Riau Cq Direktur Intelkam Polda Riau telah mendapat jawaban dari Polda Riau dengan surat beomor B/152/VI/2021/ Dit Intelkam tertanggal 15 Juni 2021 ditandatangani Kombes Aris Prasetyo Indaryanto SIK MSi selaku Direktur Intelkam Polda Riau bahwa belum dapat diterbitkan surat tanda terima pemberitahuan (STTP), dengan pertimbangan provinsi Riau masih dalam keadaan pandemi penyebaran Covid 19,” jelas Sani.

“Besok, kami menunda aksi demo di RAPP Pangkalan Kerinci, tapi kami sampaikan aksi ini tetap akan kami laksanakan, karena sacara manusiawi kita benar-benar memperjuangkan lingkungan yang telah kita duga dirusak oleh perusahaan dari APRIL Group (RAPP), semoga aksi nantinya berjalan sesuai dengan rencana ” pungkas Abdullah Sani.***red/rfm

Editor : Rezky FM

Laporan : R Faisal 

Comment