Advertorial

Pemkab Rohil Telah Siapkan Program Islami Demi Menanamkan Cinta Masjid dari Usia Dini

banner 160x600

Women face

Penyalainews, Bagansiapi api - Masjid memiliki peran sentral bagi kehidupan seorang khususnya bagi kaum muslim. Kenyataannya masjid bukan hanya tempat Beribadah semata-mata saja, melainkan juga banyak aspek dalam kegiatan kehidupan muslim berkaitan dengan keberadaan masjid.

Bukan hanya berkaitan dengan masalah hubungan vertikal atau keilahiahan saja, masjid juga tempat bagi ummat bertemu dalam konteks hubungan horizontal atau hubungan sosial.

Banyak permasalahan keduniawiaan yang bisa dipecahkan dengan memberdayakan fungsi masjid mulai persoalan permasalahan ekonomi, sosial, kebudayaan dan berbagai aspek lainnya.

Dengan berbagai peran penting yang terdapat dari keberadaan masjid tidak bisa dipungkiri lagi bila masjid memang benar-benar difungsikan sesuai dengan manfaatnya akan dapat mendorong tumbuh kembangnya generasi muda yang Islami.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs Surya Arfan, saat memberikan kata sambutan di Masjid Raya Al-Ihsan Bagansiapi-api.

Islami dalam pengertian secara global memiliki pemikiran terhadap keagamaan yang baik sekaligus memiliki pandangan solutif terhadap persoalan di lingkungannya masing-masing.

Generasi muda yang baik tidak terlepas dari pengaruh keberagamaan baik pula. Hal itu tercermin dari sejauh mana kepedulian terhadap masjid.

Sekdakab Rokan Hilir, Drs Surya Arfan MSi menegaskan pentingnya gerakan cinta masjid dalam rangka mewujudkan generasi muda Islami dimana gilirannya bisa mewujudkan tercapainya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Pernyataan Sekdakab ini menunjukkan pentingnya memperhatikan sekaligus memfungsikan peranan masjid dan itu sesuai pula dengan kepercayaan yang diperoleh oleh Sekdakab dengan menjadi sebagai Ketua umum pengurus Masjid Raya Al-Ihsan Bagansiapi-api.

Sekda Surya Arfan langsung menyusun sejumlah program memajukan Masjid Raya Al Ihsan.

"Ada beberapa program sudah disiapkan. Di antaraya menanamkan cinta masjid sejak usia dini,’’ ujar Surya.

Sasarannya untuk merealisasikan program menanamkan cinta masjid ini, lanjut Surya, yakni kalangan anak-anak. Programnya seperti melaksanakan Magrib Mengaji maupun yang lain khususnya berhubungan dengan keagamaan.

"’Kita coba bagaimana menanamkan sikap bagi anak-anak agar bisa betah datang ke masjid,’’ kata Surya.

Program lainnya, lanjut Surya, membenahi dan menata fasilitas yang ada. Sehingga keberadaan Masjid Raya Al-Ihsan, di Jalan Pahlawan, kondisinya tidak sempit lagi.

Gilirannya, para jamaah bisa merasa nyaman dalam melaksanakan ibadah.

SEKRETARIS Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Drs Surya Arfan, M.Si, bersama dengan jemaah Masjid Raya Al-Ihsan Bagansiapi-api.

Di sisi lain ia mengakui jabatan telah diembannya sudah terlalu banyak. Selain sebagai Sekda Rohil, juga Ketua PMI Rohil, Ketua Kwarcab 014 Rohil, Ketua IPHI Rohil. ’’Jabatan itu amanah. Dan saya mencoba melaksanakan amanah itu,’’ terang Surya.

Untuk merealisasikan semua agenda sudah diprogramkan, tambah Surya, tentu tidak bekerja sendiri. ’’Pengurus Masjid Raya Al Ihsan yang dilantik itu banyak. Jadi, kita realisasikan program itu bersama-sama,’’ ujar Surya.

Guna menanamkan gerakan cinta masjid sejak dini, lanjutnya, tidak terlepas dari adanya peran perhatian dari orang tua untuk dapat menumbuhkan kesadaran kepada generasi atau anak mereka agar bisa mencintai masjid.

Bukan hanya untuk aspek melaksanakan kegiatan ibadah saja tetapi juga dapat mengimplementasikan semangat yang ada dari peranan masjid yang terbukti menjadi sumber dari tumbuh berkembangnya peradaban di dunia.

Sekdakab menerangkan keberadaan masjid jangan sampai hanya tinggal sebagai sebuah bangunan yang tak difungsikan

Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di masjid namun dengan catatan harus melibatkan seluruh pihak yang terkait terutama dalam hal ini adalah pengurus masjid yang memiliki tugas utama untuk memakmurkan masjid.***red/adv