Pemkab Rohil Tingkatkan Sistem Pelayanan Berbasis IT

BAGAN SIAPI-API (Penyalainews.com) - Dalam memberikan jaminan pelayanan kemudahan administrasi disemua bidang Kabupaten Rokan Hilir melakukan berbagai cara yang menyangkut pada investasi dengan tujuan minat investor datang untuk menanamkan modalnya, dengan begitu akan berdampak multi efek bagi pemerintah daerah maupun masyarakat, langkah-langkah atau inovasi itu peningkatan sistem pelayanan administrasi publik dan perizinan terhadap berbagai sistem berbasis IT.

Beberapa tahun lalu Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membentuk struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) daerah yang baru yang merupakan hasil persetujuan legislator setempat untuk memaksimalkan kinerja satuan kerja perangkat daerah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal.

Satuan Kerja Perangkat Daerah yang dimaksud dua badan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Badan Pengelolaan Perbatasan, merupakan SOTK baru, sedangkan Badan Pananaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, merupakan penggabungan Badan Pananaman Modal dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu, sehingga Badan Penanaman Modal dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu tidak di pakai lagi alias ditiadakan demi efisiensi pengurusan administrasi.

Untuk legalitas Ketiga SOTK baru itu sudah diundangkan dalam lembaran daerah, dan mendapatkan persetujuan bersama DPRD bersama Pemkab Rohil zaman bupati terdahulu. Diharapkan perangkat IT mampu menunjang sekaligus meningkatkan kinerja dinas-dinas di lingkungan Pemkab Rohil khsusunya di kantor-kantor pelayanan publik.

“Tentunya kedepan kalau sistem ini berjalan dengan harapan dan maksimal maka antar dinas sudah bisa online. Kalau itu semua sudah berjalan dengan baik dan berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, efektifitas memang sangat diperlukan mengingat ini satu andalan yang menjadi daya tarik para investor,”  Kata Bupati kepada sejumlah awak media baru-baru ini.

Terobosan dan inovasi yang telah dilakukan itu juga disampaikan kepala BPMP2T Indra Putrayana. Perubahan dan peningkatan dibidang teknologi sangat berpengaruh pada perkembangan peningkatan cara kerja pada setiap SKPD yang melaksanakan kegiatan atau tugas khususnya bidang pelayanan jadi akses lebih cepat di ketahui dan pelayanan cepat pun dapat berjalan maksimal.

Dampak dari perkembangan ini menuntut perubahan dan peningkatan pada pola kerja dalam rangka menyiapkan dan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas supaya tercipta pelayanan yang yang cepat,Efisien,Rasional Disiplin, Akuntable serta Sistematis mengharuskan penguasaan pada sistem yang diberikan.

Memacu ketertinggalan salah satu upaya peningkatan mutu di BPMP2T maka diarahkan pelayanan yang baik dan praktis, melalui IT yakni dengan membangun WEBSITE yang merupakan WEBSITE resmi BPMP2T Kabupaten Rokan Hilir yang dapat diakses dari mana saja atau daerah lain untuk mengetahui persyaratan maupun lainnya yang menyangkut tentang perijinan investasi dan lainnya.

“WEBSITE dengan nama BPMP2T Kabupaten Rokan Hilir dibangun dengan tujuan : Sebagai Pintu Gerbang untuk memperoleh Informasi dan Media tentang Prosedur Pelayanan Perizinan dan Rekomendasi, Sebagai Pengendalian Sistem Pelayanan Perizinan, Sebagai Pengawasan Sistem Perizinan, Sebagai Pengelolaan Data Perizinan Penanaman Modal, Sebagai Media untuk Memberikan Informasi Tentang Pelayanan Perizinan Badan Penanaman Modal, Sebagai Ajang Komunikasi antara Petugas Pelayanan Informasi dan Masyarakat,” pungkasnya.

Plt Sekdakab Rohil, Surya Arfan,Msi Saat Menyerahkan Dokumen Usulan Ranperda.
Pemkab Rokan Hilir saat ini masih tetap memfokuskan membenahi berbagai pelayanan publik. Salah satunya pelayanan di bidang sarana dan prasarana baik itu fisik maupun non fisik.

Meski demikian, pelayanan lainnya seperti insfraruktur, jembatan dan kesehatan juga akan dilakukan pembenahan, Termasuk pelayanan dibidang pendidikan. Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) sekdakab Rohil, H Surya Arfan, belum lama ini di Bagansiapiapi.

“Pemkab Rohil berkomitmen untuk membenahi berbagai pelayanan diberbagai sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak secara bertahap. pembenahan ini katanya akan terus dilakukan setiap tahunnya hingga persoalan itu bisa dituntaskan,” janjinya.  (Advetorial)

Comment