Terus Alami Peningkatan, 5 Daerah Riau Ini Masuk Zona Merah Covid-19

Penyalainews, Pekanbaru - Angka positif Covid-19 yang meningkat di Provinsi Riau kian meresahkan dan membutuhkan langkah antisipasi. Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, Indra Yovi mengungkapkan setidaknya terdapat lima daerah di Bumi Lancang Kuning yang harus diwaspadai terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Indra Yovi menyebutkan lima daerah kabupaten dan kota di Riau dengan risiko lonjakan kasus positif Covid-19 adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Siak.

"Daerah ini masuk zona merah dan kasus Covid-19 di wilayah tersebut terus mengalami peningkatan," kata Indra Yovi.

Selain menekan angka positif Covid-19 dan penyebarannya, menurut Yovi dibutuhkan ruang isolasi tambahan sebagai bentuk antisipasi jika terjadi lonjakan drastis pasien Covid-19.

Jika kasus positif Covid-19 melonjak harus ditangani di rumah sakit, maka kata Indra Yovi, baik pemerintah daerah maupun rumah sakit harus memastikan ketersediaan kapasitas ruang isolasi rumah sakit serta mandiri.

"Ini untuk memenuhi kemungkinan-kemungkinan terjadinya eskalasi yang besar dari Covid-19 di Riau selama menjelang hingga setelah Lebaran," ujar dia.

Hingga Minggu (9/5) kemarin, kasus positif Covid-19 di Riau sudah mencapai 48.872 dengan angka kematian akibat virus Corona sebayak 1.225. Sedangkan untuk angka harian, kemarin 26 orang meninggal dunia dan menjadi angka harian tertinggi.

Untuk itu, Indra Yovi mengimbau masyarakat untuk mematuhi larangan mudik pemerintah guna menghentikan penyebaran COvid-19.

"Larangan mudik ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, tidak ada maksud yang lain," pungkasnya. ***red/rfm

 

Comment