Wartawan dan Jaksa di Rohil Akhirnya Berdamai

Penyalainews, Bagan Siapiapi - Sempat terjadi kesalapahaman antara wartawan liputan Rokan Hilir dengan salah seorang Jaksa di Kejaksaan Negeri Rokan Hilir beberapa waktu. Namun, Kamis (11/7), dihadapan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rokan Hilir, Gaos Wicjaksono SH MH dan ketua PWI Rohil Noprisandi, keduanya sepakat untuk berdamai.

Sebelumnya, wartawan salah satu media online, Abdurrahman alias Rahman sempat berseteru dengan Jaksa Rohil, Niki J, bahkan saat itu sang Jaksa sempat mengajak Rahman untuk berkelahi, namun adu fisik antara keduanya tidak sampai terjadi. Sampai akhirnya permasalahan ini ditengahi oleh dua organisasi profesi masing masing.

Hal itu bermula ketika Rahman, pada 1 Juli 2019 lalu, mencoba konfirmasi kepada Humas Kejaksaan, Farkhan SH, terkait tentang adanya JPU, Niki J SH berada diruang sidang dalam perkara terdakwa Williem alias Atong anak Salim dalam kasus Perubahan Kawasan Alam/Tata Ruang.Namun Niki tidak menggunakan toga selayaknya seorang Jaksa saat sedang bersidang.

Permasalahan itu akhirnya ditanyakan Rahman ke Kasi intel Kejari Rohil, Farkhan dan dijawab bahwa sesuai keterangan Niki bahwa dirinya sedang mengantri sidang. Namun tidak disangka pertanyaan Rahman akan jadi masalah panjang, karena Niki tidak terima atas pertanyaan tersebut dan mendatangi Rahman untuk mengajak duel, naun tidak dilayani oleh Rahman.

“Antara wartawan, khususnya PWI dengan Kejaksaan adalah dua instusi yang tidak bisa dipisahkan,” kata Kajari Rohil.

Menurutnya, permasalahan antara Rahman dan NJ tidak perlu dibesar-besarkan dan Ia menilai permasalahan Rahman dan Niki kemungkinan karena kelelahan dengan tugas masing masing.

“Karena PWI dan Kejaksaan adalah mitra kerja yang saling membutuhkan, maka kalau memang anggota saya salah, saya minta dimaafkan. Intinya mari kita bangun Kabupaten Rohil jauh lebih baik kedepannya,” ajak Gaos.

Senada itu, Noprisandi atas nama PWI Rohil juga minta maaf jika ada terdapat kesalahan Rahman terhadap anggota jaksa tersebut. “Semoga dengan permasalahan ini membuat kita semakin dewasa dan kekeluargaan kita lebih meningkat kedepannya,” harapnya.

Hadir dalam pertemuan itu selain Kajari dan ketua PWI Rohil, ada juga Kasi Intel Farkhan SH, Kasipidum Zulham Pane SH, Kasi Pidsus Muhtar SKUM SH, Jaksa Niki Junismero SH, anggota PWI Rohil Abdurahman dan Zulfan Effendi dan juga solidaritas dari wartawan yang tergabung di organisasi lain.***red/frd

Sumber : Haluanriau.co

Comment