AMKP Desak Kejati Riau Periksa Ciliandra Fangiono Terkait Lahan Diluar HGU PT Surya Dumai Group

Penyalainews, Pekanbaru - Aliansi Mahasiswa Kota Pekanbaru mendesak Kejaksaan Tinggi Riau memeriksa Ciliandra Fangiono atas dugaan 80 % lahan PT Surya Dumai Grup di luar Hak Guna Usaha di Provinsi Riau.

Muhammad Fazwan koordinator lapangan ketika menggelar aksi unjuk rasa di depan Kejati Riau  mengatakan dugaan kasus PT. Surya Dumai Group yang ada di provinsi Riau dengan luas lahannya hampir setengah dari lahan yang ada di provinsi ini diduga tidak jelas izin nya dan memiskinkan masyarakat Riau.

"PT. Surya Dumai Group milik Marthias Fangiono yang di kelola oleh putranya Ciliandra Fangiono adalah perusahaan besar yang diduga semena-mena mampu membungkam beberapa pihak terkait kasus izin yang ada, jadi kami minta Kejati Riau harus berani mengusutnya," jelas Muhammad Fazwan kepada wartawan, Jum'at (20/11/2022).

Selain itu, jelas Muhammad Fazwan meminta agar Kejati Riau mampu mengungkap kasus PT. Surya Dumai Group yang ada di Provinsi Riau.

"Sebelumnya Kejagung RI mengungkap kasus yang sama pada PT. DUTA PALMA yang juga ada di Provinsi Riau, kita menginginkan Kejati Riau menegak hukum yang sama atas mafia lahan di Riau ini," jelasnya.

Disisi lain, ungkap Muhammad Fazwan AMKP juga menyampaikan kepada Kejati Riau bahwa adanya dugaan pencucian uang dari hasil pendapatan kebun kelapa sawit yang dilakukan oleh putra Marthias Fangiono bernama Ciliandra Fangiono.

"Kami juga menduga ada kejahatan lain yang dilakukan oleh Ciliandra Fangiono selain mafia tanah, yaitu dugaan TPPU, kami menegaskan Kejati harus mencari fakta soal tersebut, jika tidak kami akan melakukan aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi," tutupnya.***red/rfm

Comment