Pro Uun Akan Dideklarasikan, Abdul Khair : Tunggu Tanggal Mainnya

Pemyalainews, Pekanbaru – Seratusan orang yang tersebar di 15 kecamatan se-Pekanbaru melakukan konsolidasi organisasi pemenangan Muflihun, S.STP., M.AP., sebagai Bakal Calon Walikota Pekanbaru, Senin (24/06/24) malam. Konsolidasi tertutup tersebut dipimpin oleh Abdul Khair, S.Sos, yang juga menjabat beberapa jabatan penting di organisasi masyarakat kedaerahan serta organisasi sosial lainnya.

Dalam keterangannya kepada media, lelaki yang merupakan alumni Komando Inti Mahatidana Pemuda Pancasila Karang Teko 1997 ini mengatakan, dirinya bersama ratusan anak Pekanbaru lainnya akan segera mendeklarasikan organisasi bernama Pro – Uun sebagai salah satu ujung tombak pemenangan Muflihun, S.STP., M.AP dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pekanbaru 27 November 2024 mendatang.

“Saya sudah bertemu dengan Muflihun, dan kami meminta langsung beliau untuk maju menjadi salah satu kandidat dalam Pilkada Pekanbaru nanti. Uun bagi saya, merupakan anak muda yang mesti kami dukung, agar Pekanbaru dapat dibangun sebagaimana mestinya. Dan selama dirinya menjabat sebagai Penjabat Walikota Pekanbaru, Uun telah menunjukkan kapasitasnya. Bagi kami, dia layak memimpin kota ini. Tunggu tanggal mainnya, insyaallah akan dideklarasikan segera,” ujarnya.

Pertemuan tertutup ratusan Pemuda di sebuah rumah di bilangan Sudirman itu santer dibicarakan, namun saat awak media meminta dokumentasi pertemuan, lelaki yang akrab disapa Ir Zubir ini mengungkapkan belum dapat membuka siapa-siapa saja yang ada dalam pertemuan dimaksud.

Dirinya menyampaikan bahwa, tidak ada orang elit, pajabat, petinggi-petinggi partai, tokoh masyarakat atau bahkan tokoh ormas yang hadir. “Pertemuan malam tadi memang dihadiri oleh kami kami saja, yang selama ini peduli terhadap Pekanbaru dan menginginkan Muflihun menjadi pemimpin kota ini kedepan,” sambungnya.

Di kesempatan lain, Muflihun tampak hadir pada perayaan ulang tahun kota Pekanbaru ke-240 serta perayaan 5 tahun Nmax Owner Communitas (NOC) Indonesia yang dilaksanakan pada 22 Juni 2024 di Riau Garden.

Dalam sambutan Ketua Umum NOC Indonesia, Rinaldi, menyampaikan bahwa NOC selaku organisasi pemilik kendaraan Nmax di Pekanbaru mendorong Muflihun untuk maju mencalonkan diri sebagai Walikota Pekanbaru pada Pilkada 27 November 2024 mendatang. Pada kesempatan itu, juga hadir Tatang Yudiansyah yang selama ini kerap menemani kegiatan dakwah Ustad Abdul Somad.

Acara yang ditaja oleh God Bless Community Indonesia (GBCI) provinsi Riau ini dihadiri oleh grup band Pekanbaru dan puluhan komunitas motor Pekanbaru serta dari berbagai provinsi tetangga, seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, Muflihun, S.STP., M.AP. (lahir di Pekanbaru, Riau, 22 Februari 1978) adalah birokrat Indonesia yang menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru sejak 2022 hingga diperpanjang kembali jabatannya mulai tanggal 23 Mei 2023 hingga akhir masa jabatan.

Ia adalah mantan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau pada 2020-2022. Ia diangkat menjadi Penjabat Wali Kota Pekanbaru melalui Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian tanggal 13 Mei 2022 dan dilantik oleh Gubernur Riau, Syamsuar pada 23 Mei 2022 di Pekanbaru.

Dirinya menempuh pendidikan di SD Negeri 001 Rintis, Pekanbaru, SLTP Negeri 4 Pekanbaru, SLTA Negeri 1 Pekanbaru, S1 di Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN), serta S2 di Universitas Wijaya Putra. Pernah menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Kecamatan Senapelan (2005), Camat Sail Kecamatan Sail (2006), dan Camat Sukajadi Kecamatan Sukajadi (2011). 

Menurut survey yang dilakukan oleh AKSARA Research and Consulting pada tanggal 20-30 April 2024, bahwa Kinerja Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru saat ini, Muflihun, S.STP, M.AP. dianggap kebih dibandingkan era Pemerintahan Kota Pekanbaru sebelumnya, Firdaus dan Ayat Cahyadi.

Nilai kepuasan terhadap kinerja Pj Walikota mencapai 42,3 persen dengan rincian sangat puas 0,5 persen, puas 41,8 persen, kurang puas 36,5 persen tidak puas 13,3 persen dan tidak menjawab 8 persen. Sedangkan kepuasan masayarakat terhadap kinerja era Firdaus-Ayat Cahyadi hanya mencapai 25,3 persen dengan rincian sangat puas 1 persen, puas 24,3 persen, kurang puas 49,2 persen, tidak puas 17,3 persen dan tidak menjawab sebesar 8,2 persen.

Sementara itu, dikutip dari beberapa media, menurut Darmayuda peneliti Utama dan Co-Founder INDECS Research Center Kamis (20/6/2024), berdasarkan survei INDECS Research Center Awal Bulan Juni 2024, Muflihun, S. STP, M. AP unggul dengan elektabilitas 11.82 % dibanding calon Wali Kota Pekanbaru yang lain.***red/tim

Comment